Cara Konversi NTFS ke FAT32 atau Sebaliknya Tanpa Format atau Kehilangan Data

Semua pengguna Windows pasti telah melihat dua format file yang paling umum digunakan. Ya, mereka FAT32 dan NTFS. NTFS adalah sistem file baru dengan banyak modifikasi atas FAT32. NTFS lebih dapat diandalkan, menawarkan kinerja dan keamanan yang lebih baik, stabilitas yang lebih baik, dan kamu dapat menyimpan file tunggal lebih dari 4 GB. Sementara pada FAT32 kamuhanya dapat mentimpan file tunggal kurang dari 4GB.

NTFS FAT32

NTFS tampaknya merupakan sistem file yang bagus. Namun, masih ada kekuranganya yaitu kompatibilitasnya. NTFS kompatibel dengan kebanyakan sistem operasi saat ini. Tetapi tidak kompatibel dengan Android, atau sistem operasi seluler lainnya. Ketika perangkat Android datang dengan dukungan USB OTG, NTFS tidak dapat dibaca karena tidak kompatibel.

Terkadang itu benar-benar menjadi penting untuk bermigrasi ke sistem file yang berbeda, tanpa kehilangan data di dalamnya. Apapun itu, saya akan membahas bagaimana mengkonversi NTFS ke exFAT tanpa kehilangan data, dan sebaliknya. kamubahkan dapat mengkonversi dari NTFS ke FAT32 atau sebaliknya.

Pada tutorial ini saya akan menggunakan AOMEI Partition Assistant. Kamu bisa mendownload versi standarnya di filehippo. Aplikasi ini kompatibel dengan Windows 7, 8, dan 10.

Konversi NTFS ke FAT32 atau Fat32 ke NTFS


  1. Install aplikasi AOMEI Partition Assistantnya di komputer kamu
  2. Buka programnya. Kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Program ini dilengkapi dengan wizard NTFS to FAT32, dan sebaliknya. Cukup klik pada 'NTFS to FAT32 Converter' di sisi kiri program.
    Tampilan awal aomei partition assistant
  3. AOMEI Partition Assistant akan mengonversi sistem file tanpa kehilangan data. Pada Tutorial ini saya mengkonversi NTFS ke FAT32.
    konversi ntfs ke fat32
  4. Akan ada dua opsi. Cukup pilih yang sesuai, tergantung pada apakah kamu ingin mengkonversi dari NTFS ke FAT32, atau sebaliknya. Disini saya memilih opsi pertama "NTFS to FAT32" untuk konversi NTFS ke FAT32. Setelah itu, kamu harus memilih partisi, yang ingin dikonversi. Setelah itu, klik ‘Lanjut’.
    pemilihan partisi
  5. Kamu mungkin mendapatkan peringatan sebelum melanjutkan konversi. Pastikan saja, kamu tidak memiliki file lebih dari 4 GB dalam volume. Tekan ‘OK’.
    peringatan
  6. Kemudian, kamu akan mendapatkan halaman terakhir, di mana kamu harus mengklik 'Lanjutkan'. Sebuah pesan akan muncul. Tekan saja ‘OK’.
    proses konversi
  7. Kamu akan meliha proses konversi. Waktu untuk operasi akan tergantung pada ukuran partisi, dan aspek lain yang serupa. Terakhir, klik ‘OK’ untuk menyelesaikan proses.
    Proses selesai
Sekarang, partisi kamu sudah dikonversi ke sistem file FAT32. Partisi kamu sekarang akan kompatibel dengan sebagian besar perangkat, yang mungkin kamu gunakan. Untuk konversi FAT32 ke NTFS kamu bisa melakukan cara yang sama dan hanya memilih opsi yang kedua "FAT32 to NTFS".

0 Response to "Cara Konversi NTFS ke FAT32 atau Sebaliknya Tanpa Format atau Kehilangan Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel